KEBERADAAN Google sebagai search engineterbesar memang tak diragukan lagi. Eksistensinya semakin mempermudah akses informasi hanya dengan sekali klik.

Namun tahukah Anda, Google memiliki 10 fungsi lainnya yang tak banyak diketahui para penggunanya. Ini dia:

1. Kamus

Tak perlu mencari kamus tebal dari rak buku Anda. Cukup buka Google, ketik “define” kemudian kata yang ingin Anda ketahui artinya. Misalnya, “define restaurant”. Inilah yang akan Anda lihat di barisan paling atas: “Web definitions for restaurant. A building where people go to eat.”

2. Pencarian Lokasi

Masuklah ke Google Local (google.co.id untuk Indonesia), kemudian ketik lokasi yang ingin Anda ketahui. Misalnya, “hotel”. Maka Anda akan menemukan beberapa link teratas dengan highlight ungu yang menunjukkan lokasi hotel terdekat.

3. Mencari Informasi Nomor Telepon

Masukkan nomor telepon yang ingin Anda cari dan Google akan menunjukkan data-data yang berkaitan dengan nomor tersebut.

4. Penelusuran Paket

Mengirim atau menunggu kiriman barang melalui jasa kurir kini tak perlu was-was. Google membantu Anda mencari tahu dimana paket Anda sekarang. Cukup masukkan kode paket yang tertera di resi, lalu klik “search” seperti biasa.

5. Siapa yang Terhubung ke Website Anda

Jika Anda seorang blogger atau pengelola situs internet, maka fungsi yang satu ini sangat berguna. Untuk mengetahui siapa saja yang memasukkan link blog atau website Anda ke laman mereka. Ketik “link:” lalu ikuti dengan alamat blog atau situs Anda. Misalnya, tabloidbintang.com. Maka akan muncul daftar situs yang memasukkan tabloidbintang.com ke situsnya.

6. Ramalan Cuaca

Masukkan “weather” dan kode pos area yang ingin Anda ketahui kondisi cuacanya. Sayangnya, untuk fungsi yang satu ini hanya berhasil digunakan untuk area Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara besar lainnya.

7. Mencari file PDF

Anda ingin mencari tulisan-tulisan karya Shakespeare dalam bentuk PDF? Ketik “Shakespeare”filetype:pdf dan klik “search” seperti biasa. Ya, tambahan “filetype:pdf” inilah kunci utamanya.

8. Kalkulator

Google juga memiliki fungsi kalkulator sendiri. Masukkan soal matematika yang ingin Anda pecahkan, lalu Google akan member jawabannya. Contohnya, ketik 300 – 200 dan Anda akan menemukan hasilnya.

9. Melacak Jadwal Penerbangan

Tak perlu pergi ke bandara atau mencari informasi di situs milik perusahaan penerbangan. Cukup masukkan nama maskapai dan nomor penerbangan untuk mengetahui status lokasi pesawat kini berada, juga kapan akan mendarat.

10. Informasi Saham

Ketik  simbol saham perusahaan yang ingin Anda ketahui informasinya. Contohnya, “msft” untuk mendapat barisan informasi mengenai kondisi saham Microsoft. Link yang muncul dalam pencarian ini, seluruhnya berisi informasi mengenai bursa saham.

SUMBER : DARI BERBAGAI SUMBER